Boker Yang Keras Dan Antisipasinya

Post a Comment


*warning, mungkin bakal ada curcol-an author yang terlalu detil X3

Buang air besar atau yang biasa kita sebut BAB, boker, eek, beol, dsb merupakan salah satu proses dari serangkaian proses pencernaan yang berkaitan dengan sistem metabolisme kita. Boker (aku sebutnya gitu aja ya, biar agak alay >3<) sendiri berfungsi untuk mengeluarkan sisa - sisa dari makanan yang tercerna. Penting sekali untuk rutin melakukan boker, kalau bisa setiap hari bagus atau sejarang - jarangnya 2hari sekali dah. Kan gak mungkin ya, boker cuma tiap seminggu sekali, mau nunggu numpuk seberapa banyak itu sampah busuk sisa - sisa metabolisme kita.

Aku sendiri, emang udah kebiasaan boker paling gak tiap pagi jam - jam 6 gitu lah. But lately, karena akhir - akhir ini selalu tidur kemaleman yang berimbas pada masih ngantuk setelah shubuh, rutinitas tadi jadi acak-adut (terlupakan). Nah siang tadi, entah kenapa mendadak perutku mules minta dikeluarin sampah - sampah metabolismenya, dan tumben - tumbennya pup yang keluar keras gak seperti biasanya. Udah ngejen - ngejen setengah mati itu yang namanya tai gak juga berniat keluar. Langsung kepikiran, ini tadi malem aku makan apaan sih sampe' bokernya jadi menyusahkan gini. Trus kepikiran juga, trakhir aku boker itu kapan sih? apa jangan - jangan ini gara - gara udah lama gak pup ya.. -3- Tapi pada akhirnya, dengan sisa - sisa tenaga dalam yang ada, aku sukses ngeluarin sampah - sampah pencernaan tadi.

Nah, teman - teman... boker yang terlalu keras ini kalo keseringan bisa bahaya loh. Pertama, bisa bikin anus kamu luka, Kedua kalo makin sering luka malah beresiko jadi wasir, ambeien, dsb. Apalagi kalo sampe' di tai nya muncul noda darah, wah perlu waspada. Itu berarti anus kamu beneran luka, dan yakin deh pas cebok bakal kerasa perihnya setengah mati.

Makanya, aku bakal kasih tau beberapa tips (yang sebenernya udah umum banget, tapi biar pada tau aja) biar pup gak keras, cum dua doang kok:

Pertama, perbanyak makan makanan berserat seperti sayur dan buah. Kenapa? karena, semakin banyak asupan serat yang masuk ketubuh kita, maka pup yang dihasilkan akan semakin lunak. Kalau buah - buahan sih yang paling aku rekomendasikan yaitu mengkonsumsi pepaya. Dari kecil pesen ummi mesti gini: "itu loh pepayanya dimakan, biar eek nya gak keras". Tau sendirilah, ada beberapa jenis pepaya yang aromanya gak begitu enak, jadi aku agak munek - munek kalo disuruh makan pepaya (padahal ini buah enak). Nah untuk mengatasi baunya, biasanya aku tambahkan perasan jeruk nipis diatas buah pepayayang sudah dipotong - potong.



Kedua, Jangan pernah menahan boker. Kalau memang udah rasa - rasa sesak boker, yaudah sih langsung ke kamar mandi, jangan pake' acara ditunda - tunda. Karena ketika ditunda - tunda inilah yang bikin kotoran menumpuk dan jadi keras sehingga susah dikeluarkan. Kalau boleh aku kasih saran, biasakan tiap pagi kamu jongkok di kamar mandi, entah saat itu lagi kebelet boker ataupun lagi gak kebelet. Kenapa? untuk membiasakan agar bisa rutin boker. Soalnya dulu caraku membiasakan pup tiap pagi itu ya begitu. Awalnya terkesan dipaksa keluar, tapi akhirnya jadi otomatis setiap pagi perutnya kemeresek minta dikeluarin sampah - sampah metabolismenya.

Okelah, mungkin segitu aja yang bisa aku bagi tentang prosesi sakral bernama "boker" dan tips - tips biar boker lancar. Haha... Maapkeun yak, kalau kaya'nya banyak banget kata - kata "tak senonoh"-nya. :v

See u on my next post... (^_^)/


**image source: google.com
Emjannah
Perempuan absurd berusia 28 tahun (march 2022), yang kerap mengandalkan mood tiap mau nulis blog. Isinya kadang lawak, kadang serius, kadang curhat, kadang puitis. Tapi seringnya sih nyampah sama tulisan - tulisan tentang kesehariannya yang biasa - biasa aja.

Related Posts

Post a Comment