Makan Apel Agar Tahan Puasa?



Sudah hampir seminggu puasa Ramadhan dilaksanakan serentak di Indonesia, dan pagi ini saya mendadak teringat kenangan masa kecil saya dulu ketika bulan Ramadhan. Dikeluarga saya, orang tua saya memang sudah membiasakan saya dan adik-adik untuk melaksanakan puasa wajib ini diusia yang sangat belia. Awalnya, dibiasakan puasa bedhug a.k.a puasa setengah hari yang dapet jatah makan siangnya cuma 1 jam sebelum dzuhur. Karena di Medan dzuhur itu sekitar jam 1 siang, jadi boleh makan dari jam 12 siang sampe' jam 1 siang, pokoknya tanda imsaknya adzan dzuhur.

Then, naik satu tingkat lagi ditahun berikutnya puasa penuh dengan iming-iming reward /hari dapet uang 1.000 rupiah yang diakumulasi pas lebaran jadi THR, biasanya sih ujung-ujungnya sama ummi dibuletin jadi 50.000. Jangan diremehin soal nominalnya guys, jaman jebot saya dulu mah uang 50.000 itu barang mewah, sementara uang 100.000 hanyalah mitos belaka.

Nah, selanjutnya sehiring berjalannya waktu mulai diajarkan kalau puasa Ramadhan itu sifatnya wajib dan pelaksanaannya harus ikhlas lillahi ta'ala, bukan mengharapkan reward uang dari ummi dan abi. Akhirnya puasa karena reward itu sudah gk berlaku meskipun pas lebaran tetep dapet THR juga. Haha.

Dan seperti kebanyakan anak-anak, bangun dipagi buta untuk sahur itu sangat-sangat mengesalkan. Jadi biasanya mesti ada drama merengek-rengek dulu tiap dibangunin sahur sama ummi dan abi. Dan dari bertiga ini: saya, Mar'ah (alm.) dan Hamzah yang paling rewel kalo dibangunin sahur itu as always is meeeee and the second one is hamzah. Kalo Mar'ah mah paling sholihah, dibangunin langsung raup then duduk manis buat makan sahur.

Well, meskipun penuh drama akhirnya kami tetep sahur dan makan dengan sepenuh hati. Karena tahu diri, kalo gak mau makan ntar yang kena batunya juga kita, alamat lemas sepanjang hari. Nah, biasanya 20 menit setelah makan abi saya bakal motong-motong buah apel atau pir trus suruh saya dan adik-adik ambil sepotong buat dimakan dengan alasan: "makan dulu ini buahnya biar nanti tahan puasanya.". Dan biasanya abi motongnya sengaja gak dikupas kulitnya. And i really hate it, kenapa? tahulah anak kecil yang bangunnya aja pake; drama, trus makan sahur antara sadar dan tidak sadar karena masih ngantuk disuruh nelen buah berkulit itu seret coy. Yah, tapi ujung-ujungnya dimakan juga, sambil dibilangin "ndang, bentar lagi imsak loh".

Waktu udah agak gede saya mulai mikir emang ilmiah apa makan buah apel atau pir bikin tahan puasa? Atau jangan-jangan cuma sugesti ummi dan abi doang. Then, later i know it's not sugestion. Karena emang secara ilmiah buah apel dan pir itu selain mengandung vitamin kompleks juga tinggi serat, yang artinya ketika kamu memakannya akan memungkinkan untuk bikin kamu kenyang lebih lama. But, yang jadi pertanyaan saya emang kalo makannya sepotong doang ngaruh? soalnya kalo ingatan saya gk salah, dulu itu cuma disuruh makan sepotong tok. Jadi apel sebiji dibagi 4 bagian nah saya dan adik-adik saya masing-masing dapet sepotong. -3-

Yaudahlah, terlepas dari itu semua saya dan adik-adik saya menjadi bukti sukses kalau mengajarkan puasa sejak dini kepada anak-anak itu bukan mustahil. Karena seperti yang kalian lihat sekarang ini, banyak banget orang dewasa yang sudah gak malu-malu lagi untuk makan terang-terangan di bulan Ramadhan. Ya husnudzhonnya sih mungkin mereka non-muslim, tapi kalaupun mereka muslim, merugi sekali untuk meninggalkan keutamaan puasa Ramadhan hanya karena kalah dengan keinginan kenyang sesaat. Maunya sholat Idul Fitri tapi puasa Ramadhannya ogah. Semoga Allah karuniakan kalian rahmat serta hidayah-Nya. Aamiin...



(Image source: google.com)
Emjannah
Perempuan absurd berusia 28 tahun (march 2022), yang kerap mengandalkan mood tiap mau nulis blog. Isinya kadang lawak, kadang serius, kadang curhat, kadang puitis. Tapi seringnya sih nyampah sama tulisan - tulisan tentang kesehariannya yang biasa - biasa aja.

Related Posts

Post a Comment