Perjalanan Blogging Miftahul Jannah

3 comments



This time, aku pengen cerita tentang awal - awal aku kenal blogging. Ah ya sebelumnya sori nih rada lama interval gak ngepost sesuatu, dikarenakan beberapa hari kemaren wifi kos lagi down, dan bapak kos yang ahli ngebenerin servernya lagi pergi ke Malaysia, tapi kemaren sore udah balik kok, jadi sekarang udah normal lagi dah wifinya (meski tadi sempet error lagi).

Well, pertama kali aku kenal yang namanya blogger.com itu sekitar awal tahun 2009, waktu itu aku masih cupu - cupu dan unyu (sekarangpun unyunya masih loh >3<), kan masih baru kelas 1 SMA. Agak lupa juga sih alasan apa yang bikin aku memutuskan nge-blog, tapi yang pastinya tahun 2009 itulah akhirnya aku bikin blog pertamaku Heaven's Site. Blog yang aku sayang - sayang tapi berakhir terbengkalai karena lupa password. Mau dikembalikanpun gak bisa, soalnya dulu bikinnya pake' email di yahoo, dan yang kutahu emailnya sudah gosong gak bisa dibuka lagi.

Intine, dari blog ini aku mulai belajar sedikit - sedikit yang namanya widget, shoutmix (sekarang udah gak ada), gonta ganti template yang sudah entah berapa kali dan berakhir kepincut sama template final fantasy yang akhirnya aku jadikan template permanen.


Kebetulannya sih, waktu itu tiba - tiba pas pelajaran TIK sama guruku disuruh bikin blog pribadi masing - masing satu kelas untuk dinilai. Yasudah aku yang udah punya blog gak kerempongan dan langsung kasih alamat blog yang sudah ada. Termasuk dapet thumbs up loh.. hhe..

yah, penampakannya kira - kira begini. udah banyak widget yang rusak linknya

Nah setelah itu, masih di tahun 2009 juga aku bikin blog baru. Kalau yang sebelumnya alamatnya: http://heavens-site.blogspot.com/ nah blog yang baru ini alamatnya http://heavens-art.blogspot.com/ (lagi - lagi aku lupa alasan bikin blog ini). Yah, pada akhirnya blog kedua ini gak optimal sih, cuma ada satu postingan dan penampakannya juga gak beda - beda amat sama blog yang pertama (beda template doang).


Tapi serius loh, tahun itu aku serius banget belajar blogging. Sampe' bela - belain beli buku panduannya bahkan. Wew... Aku inget buku tutorial blog yang pertama kali aku beli judulnya "Guru GOBlog" (haha). Jaman itu mah belom kepikiran kalo tutorial ngeblog itu bertebaran di dunia maya, tinggal tulis di google "cara bla..bla..bla.." udah langsung muncul ratusan tips dan trik.

ini penampakannya...

Yah, karena blog ini dibuat oleh satu user profile, jadilah ia bernasib sama dengan blog sebelumnya alias kaga' bisa dibuka.

Sekitar awal tahun 2010, aku bikin blog baru lagi. Yang sebenarnya aku dedikasikan untuk SMP-ku yang kok kasihannya di era secanggih ini pada tahun itu belum bisa mengoptimalisasikan media sosial untuk promosi (gak punya website resmi). Jadi akupun dengan baik hatinya sebagai "kacang yang tidak lupa kulit" bikinin blog untuk SMPku, alamatnya: http://smp-darulmadinah.blogspot.com/. Aku bersedia buat ngebantuin ngurusin ini blog, bahkan diawal aku kasih tau password dan emailnya ke pihak sekolah. Sampai akhirnya ada suatu insiden yang bener - bener bikin aku kecewa dengan pihak sekolah yang membuatku menutup blog tersebut dengan merubah password, jadi kaga' bisa dibuka orang sekolah (ya meski masih bisa diakses sih, cuma gak pernah diupdate lagi). Sekrang sih mereka udah punya web sendiri, tapi tetep aja kalo dipikir2 bisa dibilang aku ini provokator mereka buat bikin official web (ya gak sih).

blog smpku yang aku buat


Nah, sekitar akhir tahun 2011 aku sempet bikin blog baru tapi kali ini bukan di blogger. Tapi semacam mobile blog gitulah, alamatnya: http://catatankecil.mywapblog.com/. Aku bikin ini karena bisa bikin postingan lewat hape, blogger kan kagak bisa. Waktu itu android masih mahal, jadi hape nokia c3 ku bisa buat ngeblog itu sesuatu yang luar biasa dan hemat duit (gak perlu ke warnet maksudnya).

ini penampakan mobile blog kalo dibuka lewat PC, kalo lewat hape lain lagi

Blog ini, (sepertinya) aku masih inget password dan usernamenya, tapi memang dasarnya males ngurusinya sih.

Oke, lanjut. Sekitar pertengahan tahun 2012, aku memutuskan membuat blog baru di blogger.com. Itu sebabnya lahirnya blog Bukan Cuma Akhwat. Blog ini benar - benar dimulai dari nol bahkan sampai desain template aku putuskan untuk tidak menggunakan template - template BTemplates (tempat aku pilih - pilih template kece dengan gratis). Jadi background template, kustomisasi font, dsb aku utak atik dari blogger sendiri.

Akan tetapi pada akhirnya aku merasa kalau blog ini masih belum mewakili apa yang aku mau. Kebanyakan tulisannya aku ambil dari kumpulan artikel yang aku punya dari bunda. Aku juga belum ada ketertarikan untuk menulis tulisan sendiri (ya meski ada juga tulisan yang original buatan sendiri). Pokoknya belum ada spesialnya sama sekali lah. Makanya update blog ini cuma bertahan sebulan. Setelahnya, sawangan (gak ngerti sawangan? yowes rasah dipikir).

here's cuma-akhwat.blogspot.com

Ditahun ini aku juga sempet bikin blog organisasi yang aku geluti Sm@rt Syuhada. Semacam penggiat kegiatan - kegiatan untuk pelajar kota jogja gitu lah. Tapi aku yang kurang serius akhirnya menelantarkan blog ini. Tapi sepertinya masih bisa dibuka, karena passwordnya sempat aku catat.

nah, ini dia blognya smart syuhada

Dari sini aku sempet hiatus sangat lama dari dunia blogging, mungkin ada sekitar setahun lebih. Baru sekitar awal tahun 2014 mendadak aku termotivasi lagi buat ngeblog. Tau alasannya kenapa? Gara - gara aku gak sengaja ngepoin blog - blog pribadinya para member AKB48 dan beberapa artis jepang (wkwk). Waktu itu aku berfikiran begini, "enak ya jadi artis punya blog pribadi, bisa cerita macem - macem di blog". Muncullah ide dikepala, oke lah aku memang bukan artis atau orang terkenal, tapi aku tetep bisa bikin blog pribadi yang berisi 100% tulisan - tulisanku.

Mulailah aku berfikir mengenai beberapa kandidat nama alamat site blog yang mewakili seorang  Miftahul Jannah. Kalau miftahuljannah.blogspot.com jelas sudah pasti ada yang pakai, karena namaku itu bisa dibilang nama islami yang cukup pasaran. Tiba - tiba aja keinget kalau biasanya aku bisin username buat main game "emjannah", jadilah coba - coba daftar nama site blog nya emjannah.blogspot.com. Eh, ternyata bisa! wah bersyukur bangetlah pokoknya.

ini blogku sekarang  >_<


Setelah ini pun aku bukannya langsung aktif blogging. Setelah postingan pertama aku sempet gak mood lagi. Padahal waktu itu sudah dipasang template baru hasil ngubek - ngubek BTemplates (meski belum dipasangi header sekeren yang sekarang). Baru empat bulan setelah postingan pertama aku kembali sadar dengan niat awal bikin blog ini. Jadilah aku mulai rajin ngepost tulisan - tulisan, bikin desain header baru, bikin fanpage baru, dsb. Ya walaupun pada akhirnya lagi - lagi kehilangan mood dan menghilang lagi dari jagad blog. Baru awal tahun 2015 ini aku mulai rutin menulis lagi.

Mungkin blog yang sekarang bisa dibilang semacam diari seorang Miftahul Jannah. Aku hanya memosting apa yang memang aku ingin posting. Seputar kesukaanku, bahkan hal - hal remeh temeh yang mungkin gak penting. Dan yang pasti semuanya murni tulisanku dengan gayaku. Haha.. ^_^

Alasan aku menggunakan kata "aku" dalam penulisan dan bukannya menggunakan "saya", karena aku benci formalitas. Dan entah kenapa menurutku kata "saya" itu seperti menyimpan batas antara kita dan lawan bicara. Jadi biarkan kita ber aku-kamu ria, oke? :3

Yak, sepertinya gitu doang seputar perjalanan bloggingku. Masih perlu banyak belajar sih. Mimpinya, suatu saat bisa masang template yang original bikinan sendiri, tapi sampai sekarang belum mulai - mulai belajar bahasa template-nya. -_- Untuk gambar yang tersemat kalau mau memperjelas diklik aja gambarnya atau 'open image in new tab'.

Last, maaf kalau bertele - tele. Ini tulisan dibikin sore tanggal 28 januari, tapi karena koneksi yang termehek - mehek malah baru di post tanggal 29 januari. Well, see you next time on my next post..
Emjannah
Perempuan absurd berusia 28 tahun (march 2022), yang kerap mengandalkan mood tiap mau nulis blog. Isinya kadang lawak, kadang serius, kadang curhat, kadang puitis. Tapi seringnya sih nyampah sama tulisan - tulisan tentang kesehariannya yang biasa - biasa aja.

Related Posts

3 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertamax mampir ke rumahku kak www.abankuni.com :v

      Delete
    2. Makasih bang.. kunjungan balik segera.... :3

      Delete

Post a Comment