Mr. Dompet, Akhir Bulan, dan Arisan Anak Kos

6 comments


Lihat gambar diatas? itu isi dompet aku akhir bulan ini men... (^3^) Rasanya tuh ya kalo bisa punya duit segitu banyak diakhir bulan buat anak kos perantauan seperti diriku itu mengharukan loh. :')

Yah yang namanya sekarat diakhir bulan itu udah semacam lagu lamanya anak - anak kos'an lah. Aawal bulan mungkin bisa makan lauknya ayam goreng 3kali sehari, mendekati seminggu menjelang akhir bulan bisa makan 3 kali sehari pake' indomie juga udah alhamdulillah banget.

Nah, aku sendiri sebagai perantauan yang udah ngerasain hidup diasrama 6tahun, dan ngekos hampir 4tahun masih sering aja ngerasain yang namanya sekarat diakhir bulan. Untuk yang 6tahun asrama sih gak begitu kerasa banget yang namanya "dompet sekarat diakhir bulan", kan uang sakuku diluar uang makan, jadi waktu uang sakuku habis aku masih gak khawatir tentang makan 3kali sehari karena uang makan sudah termasuk biaya administrasi tinggal diasrama.

Beneran beda banget setelah aku nge-kos, bunda kasih 800ribu dengan sistem dua kali pembayaran diawal bulan 400ribu dan di tengah bulan 400ribu (sistem ini berlaku setelah aku pernah dengan parahnya menghabiskan uang 800ribu yang dikasih kontan padahal akhir bulan masih sekitar dua minggu lagi, sejak saat itu bunda memutuskan membagi uang sakuku jadi dua -3- *maaf bund*). Oke, balik ke masalah uang saku tadi. 800ribu itu sebenernya ketika aku mengalokasikannya dengan baik dan benar bakal cukup atau bahkan berlebih, tapi yang namanya manusia "gampang silau kalo liat duit banyak" kadang gak kerasa tau - tau duit ditangan udah tinggal 200ribu padahal masih dua minggu lagi sampai bulan ini berakhir. Kalo udah begitu, siap - siap mengencangkan ikat pinggang biar gak berasa lapar. Ngirit makan, yang biasanya 3kali sekari didiskon jadi 2kali - 1kali sehari, pokoknya memdadak jadi kreatiflah memaksimalkan berbagai cara biar 200ribu itu cukup sampai akhir. *ini sedikit curhat*

Meski kejadian tadi gak terjadi setiap bulan, tapi hampir setiap bulan sebagai anak kos yang namanya "akhir bulan" itu mendadak jadi terlihat menakutkan.

Jadi ceritanya bulan ini (September 2014) aku mendadak mengalami krisis moneter gara - gara gagal mengalokasikan dana dengan baik dan benar, akibatnya akhir bulan penuh dengan perut bergemuruh minta diisi makan. Bayangkan men... uang didompet tinggal 50ribu padahal masih 6hari lagi sampai "akhir bulan" berakhir, yang lebih ngenesnya lagi air galon di kamar juga sekarat, yang artinya ketika aku memutuskan beli air isi ulang seharga 6ribu, sisa uang 44ribu harus mati - matian aku maksimalkan untuk bisa bertahan hidup 6hari berikutnya. Akhirnya aku memutuskan untuk gak beli isi ulang air minum dulu dan bener - bener nunggu airnya habis. Nah, kamis-pun berlalu (25 september 2014). Waktu lihat isi dompet, 44ribu (oke, harus bertahan!). Ini prinsipku diakhir bulan sebenernya, semiskin apapun aku saat itu, aku berusaha tidak merepotkan orang tuaku dengan minta dikirimin tambahan uang saku. Makanya aku bener - bener mati - matian bertahan dengan uang seadanya.

Masuk hari berikutnya,jum'at 26 september 2014. Aku memutuskan gak bergerak dari kamar untuk mengurangi rasa lapar dan baru keluar menjelang maghrib untuk beli nasi telur dadar di tetangga sebelah kos. Pas balik ke kamar ngitung duit lagi, sisa 32ribu (bismillah, ngirit). Saat itulah tiba - tiba aku keinget sesuatu "kaya'nya tadi ada sms dari adek kos'an deh", pas dibuka... OMG, gue lupa kos - kos-an sini kan ada ritual baru tiap jum'at malem, ARISAN!!!!! alamat duit kepotong 10ribu (per-nama 5ribu, dan karena aku bikin dua nama otomatis bayar 2kali 5ribu). Hiks... hiks... mulai gigit jari, apa yang bakal aku lakukan denga uang 20ribu sisanya untuk hidup 4hari kedepan.

Aku bener - bener panik, tapi kalo sampai ngutang ke temen itu "nahan malu". Jadi cuma bisa berdo'a dalam hati, "semoga nama yang keluar pas arisan nanti namaku, aamiin".

Walhasil tiba waktunya arisan anak - anak kos Griya Izzana, ber-13 termasuk ibu kos pada ngumpul di ruang tamu setoran sesuai jumlah nama yang di ambil dan ritual pengocokan nama dimulai. Aku bener - bener berharap yang keluar itu namaku loh, serius! Meskipun kemungkinan namaku yang bakal keluar itu cuma 6%, tapi kan siapa tahu. ho..ho..

gulungan nama pun keluar, pas dibuka. Ternyata nama anaknya Ibu kos, jadi ceritanya ibu kos juga ikutan main arisan bareng kita dan pasang nama 4, beliau, suaminya, anak laki - lakinnya, dan terakhir anak perempuannya. Nah, waktu itu kok ternyata yang keluar nama anak perempuannya. Minggu sebelumnya juga kejadian begitu, pas dikocok ternyata yang keluar nama anak laki - lakinya, tapi waktu itu beliau ngalah dan bilang gapapa narik nya nanti - nanti aja. Sekarang pun aku berharap serupa, eh ternyata nggak, ibu kos pengen anaknya narik sekarang. Wah, mamp*s sudah harus bertahan dengan uang 22ribu didompet.

Setelah kisruh dan banyak protes, akhirnya ibu kos ngalah lagi gak narik sekarang. dilakukan pengocok'an nama ulang, lha ya kok yang keluar berikutnya malah nama ibu kosku lagi. Huft... beliau pun memutuskan mengalah lagi. Nah ini sudah pengocok'an nama ketiga kali. kali ini aku bener - bener berharap yang keluar namaku. Dan ternyata my friends, yang keluar beneran namaku. Kalian tentu bisa bayangin kan gimana bahagianya orang yang lagi sekarat dengan uang 22ribu tiba - tiba menang arisan sebanyak 150ribu?! itu sesuatu banget!

Aku langsung kesenengan, "wih, beneran loh pas aku lagi miskin. Uangku didompet itu tinggal 20ribu".. Heboh sendiri didepan adek - adek kos'an... Rasanya beneran seneng banget. Makanya sekarang sangat lego, dompet masih bisa buat bertahan sampai akhir bulan..

Makasih Arisan Anak Kos Griya Izzana, kalian menyelamatkanku dari derita bertahan di akhir bulan dengan uang 22ribu.. :3

Wow, sepertinya cerita kali ini bener - bener panjang. Yah, itu kejadian kemarin malam yg menurut aku berkesan banget. hha...

Selamat berakhir pekan dan berakhir bulan semuanya^^
Emjannah
Perempuan absurd berusia 28 tahun (march 2022), yang kerap mengandalkan mood tiap mau nulis blog. Isinya kadang lawak, kadang serius, kadang curhat, kadang puitis. Tapi seringnya sih nyampah sama tulisan - tulisan tentang kesehariannya yang biasa - biasa aja.

Related Posts

6 comments

  1. wkwkwkw udah pake jurus sholat malam plus doa khusuk itu kayaknya mbak heheh wah enaknya yang merantau... mantap" tempat kuliahnya kerenn euuyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir Angkisland...
      hha, ya namanya merantau ada enaknya, tapi banyak juga gak enaknya... :3

      Delete
  2. cari lowongan kerja mba'.... itung2 nambah uang di dompet

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngomongnya gampang.. dari kemaren juga lagi ngepo'in grup lowongan kerja di fb..

      Delete
    2. hamzah berharap banget semoga kakak ku yang satu ini lekas dapet kerja.. do'a ku selalu menyertai mu :)

      Delete

Post a Comment